KONSEP NKRI telah disiapkan para ulama jauh sebelum Indonesia merdeka. Ini dibuktikan dengan salah satu dokumen tahun 1873, hasil Bahsul Masail di Masjid Baiturrahman Aceh yang isinya; jika Nusantara ini menjadi negara, maka namanya adalah al-Jumhuriyah al-Indonesia. – K.H. Dr. Adnan Anwar

Beliau sudah melacak berbagai dokumen, dari Aceh sampai Pattani Thailand, ke perpustakaan di Berlin menemui Profesor Bastian bahwa nama Indonesia baru ditemukan oleh Barat tahun 1892. Padahal, nama Indonesia sudah ada pada tahun 1783 dan dibentuk oleh ulama-ulama di Aceh.

NKRI sudah sangat Islami karena bangunan dan konsep NKRI banyak ulama ikut terlibat di dalamnya. Salah satu fakta; adalah kedatangan Sayyid Idrus bin Salim al-Jufri ke Indonesia untuk kedua kalinya.

Baca juga: Tiga Ulama Nusantara yang Meramal Kemerdekaan Indonesia

Pada tahun 1925, saat berusia 36 tahun, Sayyid Idrus tiba di Batavia, ia pindah ke Pekalongan, kemudian ke Jombang selama dua tahun, di sini beliau bertemu dengan pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng dan pendiri Nahdlatul Ulama; K.H. Hasyim Asy’ari.

Habib Idrus Salim al-Jufri, pendiri al-Khairat di Kota Palu, yang juga adik kelas Mbah Hasyim Asy’ari mengatakan, bahwa beliau pernah bermimpi Nabi Muhammad saw dan pesan dalam mimpi itu adalah:

“Nanti kalau Indonesia merdeka, benderanya adalah Merah Putih,” tambahnya.

Baca juga: Suriah Adalah Pelajaran Berharga Bagi Umat Islam Indonesia

Bahkan Muktamar NU tahun 1937, atas pesan Habib Idrus Salim al-Jufri, Mbah Hasyim Asy’ari mengusulkan bahwa bendera Indonesia ialah Merah Putih dan Soekarno adalah pemimpinnya. Ulama-ulama kita sangat cinta NKRI. Mbah Hasyim Asy’ari sering menangis ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Saat ini, “rombongan sirkus” ingin mengganti Indonesia dengan negara Islam atau Khilafah. Oh, itu Indonesia Bersyariah (brand new)?

Sungguh, mereka tidak belajar sejarah dan kufur (mengingkari) perjuangan dari para ulama dan habaib Nusantara sejatinya.

Baca juga: Jangan Suriahkan Indonesia

Tulisan ini dirangkum dari twitnya Habib Bakr Smith di akun Twitternya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here